Cerdas memahami teknologi informasi komputer, gadget, internet, game, aplikasi komputer, smartphone dan perkembangan TI

9 Kebiasaan Berbahaya Penggunaan Smartphone

by Ahmad Musrifin , at 1:58 AM , has 0 komentar



9 Kebiasaan Berbahaya Penggunaan Smartphone - Ada ungkapan yang mengatakan; ponsel pintar tapi pemiliknya tidak pintar. wah barangkali hal tersebut ada benarnya juga untuk beberapa orang. Pasalnya, penggunaan smartphone yang cerdas bisa menghindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Bila tak menggunakan smartphone dengan aplikasi-aplikasi pintar untuk mempermudah pekerjaan, setidaknya gunakanlah ponsel dengan sebaik-baiknya hingga tak dapat disalah gunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Jika tak beruntung, berbagai pencurian mulai dari data pribadi, informasi, uang, hingga ponsel itu sendiri bisa terjadi. Berikut adalah 9 Kebiasaan Berbahaya Penggunaan Smartphone

Tak Terproteksi
      Protect Your Bubble menyebutkan, sebanyak 62 persen pengguna smartphone di seluruh dunia tak memproteksi smartphone miliknya dengan password. Padahal sebanyak 33 persen pengguna smartphone memiliki kemungkinan dicuri data-datanya oleh penjahat siber.

Auto Sign-in Aplikasi Perbankan

Penelitian menemukan ada 32 persen pengguna smartphone yang menyimpan password di dalam ponselnya. Sehingga saat melakukan login pada sebuah aplikasi, bisa langsung masuk tanpa perlu menulis username dan password berulang-ulang. Penyimpanan password ini tak terkecuali pada aplikasi perbankan dan situs pembayaran seperti Paypal dan sebagainya. Salah-salah, saldo di rekening bisa dikuras habis.

Memotret, Menyimpan, dan Mengirim Foto Vulgar
Sebanyak 20 persen remaja memotret dirinya dalam keadaan telanjang atau posisi vulgar dan mengirimkannya melalui pesan teks atau aplikasi instant messengger, dan bahkan membaginya di media sosial. Dan 17 persen penerima foto vulgar tersebut menyebarkannya ke orang lain.

Membuka Email Penipuan
Protect Your Bubble mengungkapkan, sebanyak 4 persen pencurian data pribadi di dunia maya berasal dari email penipuan. Sedangkan sebanyak 156 juta email berbahaya dikirimkan setiap harinya.

Mengunggah Foto Saat Berlibur
Memang sah-sah saja mengunggah foto saat berlibur. Namun kebiasaan ini bisa membahayakan diri Anda. Berdasarkan sumber, pencuri biasanya menggunakan media sosial untuk menyasar targetnya. Dan sebanyak 75 persen pencuri yang terhukum meyakini pencuri lain menggunakan media sosial untuk mencari korban. Atau bahaya paling kecil ialah Anda sangat mudah untuk dikuntit oleh seseorang atau stalker

Mengaktifkan GPS saat Mengunggah Foto
Sebanyak 500 juta foto diunggah ke berbagai jejaring sosial setiap harinya. Dan tak sedikit seseorang tak mematikan fitur penanda lokasi tempatnya berada saat mengunggah foto tersebut. Sehingga setiap orang yang melihat postingan yang ditulisnya bisa mengetahui di mana keberadaannya saat ini.

Memberikan Informasi pada Orang Asing

Protect Your Bubble mengatakan sebanyak 27 persen pencurian data didapat lewat sambungan telepon. Seseorang yang menelpon dan mengaku dari bank tempat ia menyimpan uang meminta informasi kepada korban, dan langsung saja diberikan. Ada sebagian orang yang tak peka terhadap penipuan ini.

Tak Gunakan Pelindung Ponsel
Sebanyak 25 persen pengguna smartphone tak menggunakan pelindung pada ponselnya. Terlebih untuk penggunaan yang sangat aktif.

Gunakan Wi-Fi Sembarangan
Tak peduli itu aman atau tidak, asalkan ada sambungan Wi-Fi gratis, banyak pengguna ponsel yang asal mengoneksikan ponselnya pada Wi-Fi gratisan tersebut. Penelitian mengungkap 52 persen pengguna smartphone main asal sambung ke jaringan Wi-Fi yang tak terproteksi password.



9 Kebiasaan Berbahaya Penggunaan Smartphone
About
9 Kebiasaan Berbahaya Penggunaan Smartphone - written by Ahmad Musrifin , published at 1:58 AM, categorized as Info Tekno . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

About

Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->